Kalkulator Sederhana dengan Percabangan C++

 


Halo,Kali ini saya akan mecoba sharing bagaimana cara membuat sebuah kalkulator sederhana pada bahasa pemograman C++,untuk Text-editor yang saya gunakan pada kali ini adalah vs code,sehingga jika teman-teman yang menggunakan text editor seperti Turbo C++ mungkin harus menyesuaikan kodingannya seperti "int main" di ganti dengan  "void main" serta using namespace std ; di hapus.
nanti di bawah ini akan saya sertakan kodingannya.

dan juga kali ini saya menganggap bahwa teman-teman sudah mengerti dengan materi percabangan,tipe data,serta variabel dan beberapa materi dasar lainnya dikarenakan dalam program kalkulator ini saya menggunakan percabangan yaitu if else.Oke langsung saja kita ke kodingannya.

untuk yang menggunakan text-editor sublime-text,vscode,DevC++ dan sebagainya.

sedangkan yang ini untuk yang menggunakan text-editor Turbo C++


dan untuk outputnya seperti ini 



Oke,Sedikit penjelasan bahwa untuk kodingan yang pertama disitu saya menggunkan " system("clear") " yang di mana fungsinya untuk membersihkan layar yang ada di atasnya,jika teman-teman menggunakan Dev C++,maka system("clear") di ganti dengan " clrscr()" tetapi teman-teman harus menyertakan header #include <conio.h> dikarenakan fungsi clrscr();  ada pada library conio.h.

dan untuk cin.get();  serta getch();  keduanya sama-sama  berfungsi untuk menahan layar agar tidak langsung ke close pada saat menjalankan ouput dari program.

Mungkin sekian tutorial atau sharing singkat dari saya mudah mudahan bermanfaat.
jika ingin melihat beberapa program sederhana C++ bisa masuk ke github klik disini  
full-width

Komentar